Just another WordPress.com site

Bola.net – Manchester United kalah telak 1-6 dari rival sekota, Manchester City, pada laga derby di Old Trafford, Minggu (23/10)

Kemasukan setengah lusin gol di kandang sendiri dari City merupakan rekor terburuk United dalam lebih dari 80 tahun terakhir sekaligus kekalahan terbesar Setan Merah di depan pendukungnya sendiri sepanjang sejarah Premier League.

Banyak kalangan menilai kekalahan ini bukan sekedar hilangnya tiga poin, tapi juga menjadi pukulan telak dari sisi psikologis pemain, terlebih City sebagai “tetangga yang berisik” disebut-sebut sebagai calon kuat juara Premier League musim ini.

Apalagi, Sir Alex Ferguson sendiri mengatakan bahwa kekalahan tersebut merupakan “hari dan hasil terburuk sepanjang karirnya sebagai pemain maupun pelatih”.

Namun fans United tak perlu khawatir. Pasukan Sir Alex Ferguson sebelumnya juga pernah mengalami kekalahan telak, namun di akhir musim tetap menjadi tim yang sukses mengangkat trofi juara liga. Bahkan, dari enam kekalahan telak yang dialami United, empat di antaranya berakhir dengan gelar juara untuk Setan Merah.

Berikut enam kekalahan telak yang pernah dialami skuad Ferguson sejak tahun 1989.

MANCHESTER CITY vs MANCHESTER UNITED (5-1), 23 September 1989
Terakhir kali Manchester City mempermalukan United di Maine Road sebelum era Premier League. David Oldfield mencetak dua gol, sedangkan tiga gol lainnya dicetak oleh Trevor Morley, Ian Bishop dan Andy Hinchcliffe. Mark Hughes mencetak satu-satunya gol hiburan United atas sang rival.

Ian Bishop merayakan pesta lima gol City ke gawang United di akhir 80an

MANCHESTER UNITED vs QPR (1-4), 1 Januari 1992
QPR -tim yang musim ini kembali promosi ke Premier League- sempat mengejutkan United pada awal tahun 1992. QPR unggul cepat pada lima menit awal pertandingan melalui gol Andy Sinton dan Dennis Bailey. QPR menambah dua gol melalui hattrick Bailey pada babak kedua meski Brian McClair sempat memperkecil kedudukan.
Juara liga: Leeds United


Pesta QPR di kandang Manchester United dua dekade lalu

NEWCASTLE vs MANCHESTER UNITED (5-0), 20 Oktober 1996
Newcastle United masih dilatih Kevin Keegan dan kalah 0-4 dari United pada Community Shield. Namun dua bulan setelah kekalahan telak tersebut, Newcastle dengan tim yang sama bangkit dan memukul balik United dengan skor 5-0 berkat gol-gol dari Darren Peacock, David Ginola, Les Ferdinand, Alan Shearer dan Philippe Albert.
Juara liga di akhir musim: Manchester United


Newcastle United memborbardir gawang Peter Schmeichel di St James Park

SOUTHAMPTON vs MANCHESTER UNITED (6-3), 26 Oktober 1996
Sepekan setelah dibantai Newcastle lima gol tanpa balas di St James Park, United kembali mengalami kekalahan telak. Bertandang ke markas Southampton, United kebobolan enam gol dan hanya mampu membalas tiga kali. Enam gol Soton dicetak melalui hattrick Egil Ostenstad serta gol-gol dari Berkovic dan Matt Le Tissier. Sedangkan tiga gol United dihasilkan oleh David Beckham, David May dan Paul Scholes.
Juara liga: Manchester United


Southampton pun pernah mencetak enam gol ke gawang United

CHELSEA vs MANCHESTER UNITED (5-0), 3 Oktober 1999
Gustavo Poyet sudah membobol gawang Massimo Taibi pada menit pertama di Stamford Bridge. Harapan United untuk membalas sirna setelah Nicky Butt dikartu merah dan Chelsea menambah empat gol melalui gol kedua Poyet, Chris Sutton, Jody Morris dan gol bunuh diri Henning Berg. Kemenangan telak 5-0 Chelsea ini sekaligus mengakhiri rekor 29 pertandingan tak terkalahkan milik United.
Juara liga: Manchester United


Empat gol The Reds di Old Trafford. Namun di akhir musim United tetap juara

MANCHESTER UNITED vs LIVERPOOL (1-4), 14 Maret 2009
Sekitar dua tahun lalu, United juga kalah telak di Theatre of Dreams. Cristiano Ronaldo sempat membawa United unggul lebih dulu pada menit ke-23. Liverpool membalikkan kedudukan melalui gol Fernando Torres dan penalti Steven Gerrard. Kartu merah Nemanja Vidic membuat United sulit bangkit dan Liverpool mencetak dua gol tambahan melaui Fabio Aurelio dan Andrea Dossena.
Juara liga: Manchester United

Bagaimana dengan musim ini? Akankah United kembali mengalami kekalahan telak kedua layaknya musim 1996-97 lalu tapi pada akhirnya tetap menjadi juara liga, atau City yang melaju mulus hingga akhir musim dan meraih mahkota Premier League pertama sepanjang sejarah?

Comments on: "Fakta Kekalahan Setan Merah" (2)

  1. Tetaplah semangat setan merah(MU),janganlah menyerah & rebutlah juara..

  2. Musim masih panjang, baru matchday ke9, masih ada 29 pertandingan lagi. GGMU.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: